Yuk! Menambah Wawasan Tentang Hari Gizi dan Makanan Nasional yang Diperingati Hari Ini (25 Januari)

0
71
Yuk! Menambah Wawasan Tentang Hari Gizi dan Makanan Nasional yang Diperingati Hari Ini (25 Januari)
Menambah Wawasan Tentang Hari Gizi dan Makanan Nasional yang Diperingati Hari Ini (25 Januari)

Apa itu Hari Gizi dan Makanan Nasional?

Hmm.. mungkin beberapa dari kalian masih asing mengenai Hari Gizi dan Makanan Nasional. Padahal tahun ini adalah peringatan yang ke-61 tahun lho. Yup, Hari Gizi dan Makanan Nasional sudah ada sejak 1951!! Pada saat itu pasca kemerdekaan Indonesia tentu saja berbagai bidang di negeri ini masih cukup lemah mulai dari politik, ekonomi, pendidikan bahkan kesehatan.

Pada saat itu Meteri Kesehatan RI yaitu Prof. Poerwo Soedarmo prihatin dengan kondisi kesehatan masyarakat Indonesia karena kurangnya kesadaran mereka tentang makanan. Sehingga bapak pencetus slogan “empat sehat lima sempurna” tersebut mendirikan Sekolah SDPM (Djuru Penerang Makana) pada 25 Januari 1951, Prof. Poerwo membentuk kader-kader pendidikan gizi yang akan langsung berinteraksi dengan masyarakat lewat sekolah tersebut. Dari sinilah ditetapkannya Hari Gizi dan Makanan setiap tanggal 25 Januari.

Mengapa perlu diperingati?

Mengingat gizi dan makanan sangat diperlukan makhluk hidup, maka memperingati Hari Gizi dan Makanan sangat penting agar kita semua sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makhluk hidup sangat memerlukan gizi dan makanan karena itulah yang akan membentuk tubuh kita, membantu tumbuh kembang dan lain sebaginya. Gizi dan makanan yang cukup juga akan ikut andil dalam proses belajar yang akan berpengaruh pada kecerdasar seseorang sehingga bisa mencetak generasi selanjutnya yang cerdas pula.

Bagaimana cara berpartisipasi?

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus ikut andil dalam berbagai peringatan hari nasional bukan? Nah… dalam hal ini kita amat sangat berpartisipasi penuh. Karena ini akan berdampak pada diri kita secara langsung. Kita harus memperhatikan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita dengan cara mengontrol makanan yang kita konsumsi. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini, gizi dan makanan sangat penting untuk menjaga imun tubuh agar tubuh kita lebih kuat dalam mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Cara yang paling gampang adalah dengan “empat sehat lima sempurna” yang terdiri dari: makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Ingat ya… mengonsumsinya juga harus dengan porsi yang tepat sesuai kebutuhan tubuh ya..


Cara berpartisipasi bisa juga dengan mencukupi gizi dan makanan pada mereka yang terdampak bencana.

Teman-teman dapat berdonasi yang dikirimkan melalui
nomor rekening 707-386-466-8 BSM (Bank Syariah Mandiri) Kode 451 A.N. Komite Relawan Nusantara.

Konfirmasi donasi : wa.me/628883434383

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here