UNTUK MEMINIMALISIR BANJIR DAN KEKERINGAN, LAKUKAN INI

0
328

Musim penghujan telah melanda sejumlah daerah di Indonesia bahkan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Sebenarnya musim penghujan adalah hal yang wajar terjadi dan sudah menjadi siklus tahunan. Dimana saat musim penghujan cadangan air menjadi melimpah. Hanya saja yang menjadi persoalan apakah air yang turun terserap dengan baik kedalam tanah sebagai cadangan air saat musim kemarau?

Agar air dapat terserap kedalam tanah dengan baik, sobat tangguh dapat menggunakan teknologi lubang Biopori.


  1. Apasih biopori itu????
    Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Keunggulan dari lubang resapan biopori adalah sebagai berikut:
1. Dapat membantu penyerapan dan penarikan air hujan kedalam tanah agar menghindari genangan air dalam jumlah banyak yang dapat mengakibatkan banjir.

2. Dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah yang didalamnya terdapat daun daun kering atau biji bijian dan lain lain dimana nantinya akan mengalami proses pembusukan yang dapat menyuburkan tanah.

3. Dapat mengurangi penumpukan sampah organik karena samnpah tersebut dapat mencegah penyebaran penyakit yang dihasilkan dari pembusukan sampah tersebut.

4. Tidak membutuhkan banyak biaya untuk pembelian alat alat yang berhubungan dengan pembuatan biopori seperti buis beton dan lain lain.

Dengan Biopori, kita selain dapat memperbaiki kualitas tanah dan air tanah, Lubang Biopori juga bisa menjadi lubang sumur resapan yang dapat memperbaiki kuantitas air tanah sebagai cadangan di waktu kemarau.

Nahh sobat tangguh tunggu apa lagi, mari kita terapkan lubang resapan biopori di lingkungan kita.
Semangat!!!

Nahh sekarang tunggu apa lagi sobat
#rumahzakataction
#relawannusantara
#rumahzakat
#siagauntukselamat
#siagabanjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here