Tips Agar Tidak Malas Bangun untuk Shalat Tahajud

0
597

 

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hai teman- teman, apakah kalian pernah terlambat bangun saat kalian ingin menunaikan shalat tahajud? Hal itu tentu sangat membuat kalian kesal ketika kalian bangun sudah mendengar kumandang adzan subuh. Berikut adalah beberapa tips dari saya yang tentu berasal dari pengalaman pribadi saya.

Simak uraian berikut ini:

Memasang alarm

Jurus jitu ini pasti pernah dilakukan oleh siapapun, termasuk saya. Saya biasanya memasang alarm di handphone saya pukul 02.30 WIB. Setelah terbangun biasanya saya duduk sejenak beberapa saat untuk melakukan proses loading. Kemudian minum beberapa teguk air putih untuk menyegarkan kerongkongan yang kering akibat tidur. Barulah saya mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat Tahajud.


Meminta orang terdekat untuk membangunkan.

Jurus yang satu ini juga sering saya lakukan. Sebelum tidur, saya biasanya meminta ibu saya untuk membangunkan saya jika beliau terbangun saat dini hari nanti. Tips ini juga bisa digunakan untuk melaksanakan shalat Tahajud berjama’ah bersama keluarga dan petugas yang membangunkan dijadwal setiap pekan.


Diusahakan jangan tidur terlalu larut.

Sebagian besar diantara kalian pasti sering bahkan selalu tidur diatas jam 10 malam. Hal ini sebenarnya membuat anda sulit untuk bangun tepat waktu ketika ingin melaksanakan shalat Tahajud. Usahakan tidur maksimal pukul 22.30 agar dapat bangun dengan segar pada diri hari nanti.


Menyempatkan waktu untuk tidur siang.

Memang tidur pada waktu siang hari sangat membantu agar dapat bangun segar di pagi hari. Tidur siang sejenak pun juga dianjurkan oleh Rasullullah SAW. Memang saat ini kita sudah tidak mungkin tidur siang pada hari selain sabtu dan Ahad, masa iya kita akan tidur saat di tempat kerja atau saat pembelajaran berlangsung, tidakkan?


Memperhatikan kualitas tidur

Inilah yang biasanya disepelekan oleh kebanyakan orang. Seharusnya kita tidak memperhatikan kuantitas tidur saja, namun kualitasnya juga. Kualitas tidur juga berpengaruh terhadap kesegaran saat bangun pagi.

Posisi tidur yang paling baik adalah miring ke kanan, dengan ini kita memberi ruang kepada jantung untuk bekerja dengan lebih mudah. Hindari posisi tengkurap.


Itulah beberapa hal yang dapat kalian contoh untuk bangun shalat Tahajud. Semoga bermanfaat untuk sahabat sekalian.

Terus semangat dalam memperbaiki diri dan semoga tetap istiqomah dijalan Allah SWT. Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

-Cheatryn-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here