Sinergi Dalam Mengatasi Karhutla di Bukit Bancak

0
463

Karhutla di G. Bancak yang terjadi sejak beberapa hari yang lalu sempat padam, kemarin hari Selasa pagi (22/10) kembali membesar. Api yang membakar daun-daun kering meluas dengan cepat karena tiupan angin.

Api sudah merembet turun hingga kurang lebih sampai 400 m dari pemukiman warga dusun Ngentep, Giripurno.

Tim pertama dari Siaga Peduli sebanyak 2 personil telah sampai lebih awal dan melakukan penanganan di titik paling mudah di jangkau. Kemudian menyusul tim dari MDMC & Rumah Zakat Action dengan membawa logistik konsumsi.

Pada pukul 15.30 WIB, tim gabungan ini berhasil memadamkan titik api paing atas. Dilanjut break untuk makan dan koordinasi berikutnya.

Menjelang Maghrib api di bagian bawah kembali membesar, karena tiupan angin, penanganan secara manual membuat tim yang berjumlah 4 orang kewalahan memadamkan api.

Tim memutuskan untuk break sholat dan kembali berkoordinasi untuk meminta bantuan. Pukul 19.30 datang bantuan dari SAR MTA sebanyak 8 orang.

Setelah melakukan koordinasi tim kembali naik ke titik api yang semakin besar dan mendekati pemukiman.

Dengan di bantu 4 orang warga setempat tim berhasil memadamkan api, menyisakan 1 rumpun bambu yang sulit diatasi. Tim melakukan pemantauan & menyeterilkan sekitar rumpun bambu, agar api tidak lagi meluas. Pukul 21.15 tim memutuskan untuk selesai penanganan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here