Penanaman Pohon Beringin untuk Konservasi Sumberdaya Air

0
532

Kolaborasi Hijaukan Negeri untuk gerakan menanam 100.000 pohondalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia Rumah Zakat Action bersama komunitas lokal dari Magetan & Ponorogo juga masyarakat umum melakukan penanaman bibit pohon Beringin di Bukit Gendol, Geneng, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah.

Sebanyak 25 bibit pohon beringin sudah ditanam pada hari Ahad, 24 November 2019 di kawasan hutan bukit Gendol, yang tersebar di 3 titik penanaman. Titik pertama masuk wilayah desa Conto, dan titik kedua dan ketiga masuk wilayah desa Geneng.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 20 orang dari Rumah Zakat Action, Siaga Peduli, Kalang Kabut Adventure, dan KPM Magetan dengan dipandu oleh Mbah Sadiman.

Tidak hanya memandu penanaman beliau juga memberikan sedikit pengetahuan soal teknik penanaman dan perawatan pohon beringin hingga efektif memunculkan mata air.

Penanaman ini sebagai langkah konservasi mata air, untuk mencegah kekeringan yang kini semakin meluas di berbagai daerah di Indonesia ketika musim kemarau.

Peserta kegiatan sangat antusias penuh semangat menanam dan belajar sambil menjelajah perbukitan di kawasan hutan Gendol yang treknya curam. Penanaman bibit yang berada di lahan miring dan nyaris vertikal tidak menyurutkan peserta untuk menanam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here