Musim Hujan Segera Tiba, Ini 6 Hal yang Perlu Anda Siapkan

0
378

Rumah nyaman tetap butuh perawatan berkala, terutama sebelum memasuki musim hujan. Lakukan beberapa hal ini sebagai persiapan bagi rumah menghadapi cuaca musim hujan.


Periksa dan Perbaiki Talang Air

Sumber: Acroofers.com

Talang air adalah media yang dilewati air saat hujan. Segera perbaiki talang air yang rusak atau bocor. Talang air yang rusak akan membuat air merembes dan bocor ke dalam rumah.

Perhatikan Posisi Genting Rumah

Bergesernya posisi genting rumah dan berantakan adalah penyebab bocor saat musim hujan. Segera perbaiki dan ganti genting yang geser sebelum musim hujan tiba.


Sistem Ventilasi yang Baik

Sumber: Dekoruma.com

Hawa lembab yang masuk dapat merusak material kayu, besi, dan tembok di dalam rumah. Karena itu, sistem ventilasi rumah harus terpasang dengan baik. Jika curah hujan dan kelembapan udara sedang tinggi, lebih baik menutup ventilasi untuk sementara waktu.


Jangan Lupakan Saluran Air

Sumber: Jawaracorpo.com

Saluran air yang tersumbat endapan lumpur dan sampah rentan mengakibatkan banjir. Jadi, periksa dan bersihkan saluran air secara berkala sebelum memasuki musim hujan.


Perhatikan Jaringan Listrik

Sumber: Athome.id

Ketika musim hujan, kabel listrik yang rapuh dan terkelupas berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran. Jadi, periksa dan perbaiki kebel listrik secara berkala terutama saat akan memasuki musim hujan.


Pangkas Tanaman di Sekitar Rumah

Sumber: Tribunnews.com

Pangkas dan rapihkanlah seluruh tanaman disekitar rumah sebab saat musim hujan biasanya tanaman yang rimbun menjadi sarang bagi nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, pohon rimbun berukuran besar juga berisiko tumbang karena tidak kuat menahan empasan angin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here