Menjadi Relawan adalah Memberi dan Memperoleh Manfaat

0
255
Menjadi Relawan adalah Memberi dan Memperoleh Manfaat

Sebagai generasi muda, tentu kita ingin memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan menjadi relawan. Menjadi relawan adalah cara untuk menunjukkan kontribusi kita sebagai generasi muda dalam menebar kebaikan dan manfaat bagi orang-orang dan lingkungan.

Namun ternyata, menjadi relawan tidak hanya memberi manfaat saja. Ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika menjadi relawan. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

1. Kepercayaan akan potensi diri

Menjadi relawan sama halnya dengan kita memanfaatkan segala yang kita miliki untuk membantu orang yang lebih membutuhkan. Termasuk jika yang kita miliki hanya tenaga. Dengan memanfaatkan potensi tersebut, menjadikan kita percaya dengan diri sendiri bahwa kita dapat memberi manfaat, sekecil apapun potensi itu.

2. Mendapat ilmu baru

Ilmu bisa kita dapat dari segala tempat dan keadaan dalam kehidupan, termasuk ketika menjadi relawan. Banyak ilmu yang dapat kita peroleh dari orang-orang yang kita bantu, dan rekan-rekan sesama relawan. Pengalaman yang kita dapatkan selama menjadi relawan adalah ilmu berharga yang memberikan kita pelajaran baru mengenai bab-bab lain kehidupan selain diri kita sendiri.

3. Belajar bersosialisasi

Menjadi relawan mengharuskan kita untuk dapat menjalin komunikasi dan terhubung dengan orang banyak. Dengan dipertemukannya kita dengan orang-orang baru, maka secara otomatis kita dituntut untuk berkenalan baik sesama relawan maupun orang yang dibantu. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk belajar membuka diri dan bersosialisasi dengan orang lain.

4. Memperbaiki karir kedepan

Keuntungan dari berkenalan dengan orang baru adalah memperluas jaringan dan koneksi pertemanan. Selain itu, pengalaman kerelawanan meningkatkan pengetahuan dan skill kita yang bermanfaat bagi karir masa depan. Mungkin kita akan menjadi lebih mengerti cara memperlakukan orang yang sedang membutuhkan bantuan, dan cara menyikapi isu-isu, serta usaha untuk mengatasinya.

5. Menjadikan kita lebih peka terhadap lingkungan dan orang sekitar kita

Pekerjaan seorang relawan adalah membantu orang yang berada dalam kesulitan. Kita dituntut untuk peduli dan tidak menutup mata pada kondisi yang ada di sekitar kita. Dari kepekaan tersebut pula, kita didorong untuk selalu bersyukur dan ikhlas dalam membantu sesama.

Nah, itulah lima manfaat yang akan Kawan Nurani dapatkan ketika menjadi seorang relawan. Semoga manfaat tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Kawan Nurani untuk lebih aktif dalam kegiatan kerelawanan sosial. Selain membantu orang lain, kita juga akan menjadi manusia yang seutuhnya. Seperti sabda Rasulullah SAW “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here