Mengenal Gunung Blego, Keindahan di Dekat Mata yang Terlupakan

0
770
gunung blego
source: ifsa.net

Gunung Blego adalah sebuah gunung yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur, tepatnya berada di titik koordinat 7.758876_S_111.294182 E. Gunung Blego mencangkup 3 kecamatan, 2 di Magetan dan 1 Wonogiri, yaitu ; Kecamatan Parang dan Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan di wilayah Provinsi Jawa Timur serta Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Blego ini berada di kaki Gunung Lawu sebelah timur. Gunung Blego memiliki ketinggian 996 meter di atas permukaan air laut. Gunung Blego merupakan gunung yang diduga pernah mengalami aktivitas vulkanik sehingga dipuncaknya terdapat sebuah cerukan yang menyerupai bekas kawah dengan diameter lebih dari 700 meter.

Para penduduk sekitar menyebutnya “Tlogourung”, sebab bentuknya yang seperti telaga namun tidak ada airnya. Berdasarkan keterangan masyarakat, jika musim penghujan cekungan di tengah G. Blego bisa terisi air bila hujan berlangsung 1-3 hari berturut-turut, tapi tidak lama air itu sudah surut.

gunung blego
source: ifsa.net

Cekungan tersebut berfungsi sebagai lahan bercocok tanam warga di desa yang terletak di lereng G. Blego. Sedangkan lhan di puncaknya yang lapang bias dimanfaatkan sebagai campground. Untuk menjangkau puncak cukup mudah karena kendaraan roda 2 ataupun roda empat dan lebih bisa mengakses jalan menuju puncak.

Tapi untuk bisa ke puncak tertingginya harus jalan kaki, sebab jalan setapak dan sempit. Waktu tempuhnya juga tidak lama, sekitar 15-30 menit dari lokasi parkir kendaraan diatas.

Puncak Gunung Blego bernama Pertapan. Di sebelah timur dari Gunung Blego terdapat sebuah bukit bernama Bukit Bungkuk.

Sayangnya di lereng sebelalh timur yang masuk wilayah kecamatan Parang terdapat permasalahan air bersih. Biasanya di pertengahan sampai akhir kemarau beberapa desa di lereng sebelah timur akan mengalami kekurangan air bersih.

Salah satu penyebab kekurangan air bersih ini adalah, mata air yang tertimbun material longsor yang terjadi pada beberapa tahun silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here