Liburan Seru, Bersama Indonesia Mendongeng 7 di Ikuti Ratusan Santri TPQ se-Magetan

0
585

Rabu (25/12), Silaturahmi Akbar Santri TPQ se-NUSANTARA yang serentak dilaksanakan di 24 kabupaten/Kota diseluruh Indonesia dalam program “INDONESIA MENDONGENG 7” telah selesai dilaksanakan.

Relawan Nusantara Magetan mengadakan giat “INDONESIA MENDONGENG” di Masjid Tahfidz Balegondo. Peserta acara ini berasal dari berbagai TPA/TPQ di kabupaten Magetan.

Setelah peserta melakukan registrasi bersama pendamping masing-masing, kemudian diarahkan menuju tempat yang sudah disiapkan. Dalam pengkondisian peserta juga dibantu oleh kakak-kakak dari Kurma.

Tilawah Al – Qur’an dibacakan oleh adik panti. Lantunan ayat suci yang dibacakannya begitu merdu dengan suara yang begitu lembut dan menyejukkan hati.

Tak lupa lagu Indonesia Raya juga dinyanyikan serentak oleh semua hadirin yang dipimpin oleh kak Firda dari Relawan Nusantara Magetan.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 – 11.00 WIB, dihadiri oleh 154 santri/santriwati TPA/TPQ di Magetan, disambut oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kab. Magetan yang sekaligus mewakili sambutan Bupati Magetan.

Ada juga penampilan yang begitu memukau dari adik-adik panti. Mereka menyuguhkan sebuah lagu dengan judul “Hafidz Qur’an”.
Lagu yang dibawakannya begitu menyentuh hati. Lagu tersebut dinyanyikan untuk umi dan abi mereka. Menjadi hafidz Qur’an agar bisa memberika mahkota diakhirat kelak adalah cita-cita mereka.

Kegiatan edukasi bencana dan kesadaran menjaga lingkungan kepada anak-anak usia dibawah 10 tahun melalui dongeng dan gerakan disertai lagu, agar lebih mudah difahami.

Kesadaran menjaga lingkungan di gambarkan dalam dongeng “Petualangan Boti” oleh Kak Ima, agar anak-anak membiasakan diri tidak membuang sampah plastik sembarangan, tapi memanfaatkannya menjadi barang yang bermanfaat.

Kemudian untuk kesadaran siaga bencana dipandu oleh Kak Asti & Kak Yoga, dengan lagu gempa. Karena Negara kita berada ada dalam kawasan Cincin Api Dunia, dan terletak diantara 2 samudera, 3 lempeng aktif dunia, menjadikan Indonesia memiliki potensi bencana yang kompleks, mulai hidrometeorologi, gempa bumi, dan erupsi gunung api.

Yang menambah keseruan dari acara ini adalah banyaknya dorprize. Tidak hanya untuk peserta, untuk pendamping pun juga disediakan. Mereka berlomba – lomba untuk memperoleh hadiah tersebut. Canda, tawa para adik-adik menambah keseruan acara INDONESIA MENDONGENG ini. Giat Relawan Nusantara Magetan pada hari Rabu, 25 Desember 2019 ini berjalan dengan sukses tanpa halangan suatu apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here