Dukungan Psikososial Melalui Sembako dan PLP Kepada Terdampak Banjir di Madiun

0
403

Rumah Zakat Action tidak hanya memberikan dukungan Psikososial kepada anak-anak terdampak banjir Madiun. Salah satunya kepada warga dewasa & lansia. Cara yang digunakan adalah dengan konsep pembagian barang bantuan.

Senin 11 Maret , di dusun Jurug, RT20, RW 04, desa Jeruk Gulung, Balerejo, Madiun, di lingkungan Pak Ipnu selaku RT di dusun ini, warga sangat antusias saat di gelarkan baju layak pakai.

Berdasarkan penuturan Pak Parno, lingkungan di sekitarnya merupakan lingkungan yang paling akhir disentuh oleh tim evakuasi, karena beliau tak sempat mencari bantuan dan semua warga terisolir selama 2 hari. Rumah Pak Ipnu yang letaknya paling tinggi sudah terendam hampir setinggi paha orang dewasa.

Jika keluar rumah maka akan tenggelam, jika bertahan di dalam rumah saja, tidak dapat pasokan makanan. Dilema malam itu kejadian banjir yang melanda Madiun.

Sebagian warga yang mulai sedikit stres karena kejadian itu, oleh pak Ipnu diajak berkumpul untuk memilih baju-baju layak pakai yang disalurkan oleh Rumah Zakat Action. Menurut Pak Parno, dengan memilih baju, dapat mengalihkan pikiran warga yang teringat kejadian sebelumnya. Diantara yang menjadi beban pikiran adalah rusaknya baju-baju dan bahan makanan pokok.

Selain PLP, Rumah Zakat Action juga menyalurkan 65 paket sembako yang berisi 1,5 kg beras, 5 mi instan, 4 sachet minuman instan dan 1 minyak goreng 500 ml dari PMM & Pemuda Pacalan. Warga sangat antusias berkumpul di rumah Pak Parno.

“Saya sangat senang sekali mas melihat warga sudah bisa tersenyum dan tertawa lepas dengan saling memilah & memilih baju, sudah tidak seperti kemarin sehabis banjir, banyak merenung, di tambah sepaket sembako ini, warga terlihat sumringah, terimakasih banyak atas bantuannya, semoga donatur, teman-teman Relawan & Rumah Zakat, di berikan kesehatan dan keberkahan yang selalu memberdayakan”. – Parno, ketua RT 20 dusun Jurug.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here