Candi Simbatan, Salah Satu Peninggalan Mataram Kuno di Magetan

0
845

Hai Sahabat, mau berlibur ke mana akhir pekan ini, mimin ada rekomndasi tempat berlibur yang adem nih, tentunya terdapat nilai sejarah tentang eksistensi Nusantara di masa lalu. masih di kabupaten Magetan saja sahabat. Sebenarnya di Magetan ada banyak spot wisata alam dan sejarah, tapi sayangnya tidak banyak yang tahu. Yuk sahabat kita eksplor potensi wisata di Magetan agar Magetan dikenal lebih luas di masyarakat yang lebih luas lagi.

Yang mimin bahas kali ini adalah, Candi Simbatan atau Petirtaan Dewi Sri. disebut CAndi Simbatan sebab situs ini terletak di desa Simbatan, kecamatan Nguntoronadi, Magetan. Akses kendaraan menuju Candi Simbatan cukup mudah sahabat, dari jalan raya Gorang-gareng – Madiun kita masuk gapura desa Simbatan sekitar 300 meter kearah selatan, kita sudah sampai.

Candi Simbatan diperkirakan dibangun pada tahun 905 Saka (983 Masehi) yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Hindu. Candi ini berbentuk kolam dengan beberapa petak, ada oetak utama berada di tengah candi, nah di dalam petak utama ini terdapat arca Dewi Sri sahabat.

Ada banyak arca di tiap-tiap petak kolam, kebanyakn sudah tidak lagi utuh, mungkin saja karena faktor usia. Arca-arca tersebut hanya terlihat ketika air sedang dikuras, ketika air penuh sampai dinding kolam teratas, kita tidak akan melihat arca-arca tersebut sahabat, sebab tenggelam di dasar kolam.

Di situs ini juga dilaksanakan beberapa tradisi warga sekitar, diwaktu-waktu tertentu seperti, Bersih Desa yang dilaksanakan pada hari Jum’at Pahing di bulan Syura, dan tari-tarian yang merupakan warisan budaya nenek moyang.

Karena berlokasi di tengah pemukiman warga, dan dekat dengan kebun, didukung taman dan warga yang ramah, tempat ini menjadi tempat yang pas untuk meleburkan penat ditengah kebisingan kota,,,

Kemarin, pas mimin masuk gratis loh sahabat, tenang meskipun gratis, ada beberapa fasilitas untuk pengunjung, seperti warung, dan toilet.

Yuk sahabat, kita cintai Magetan, dengan berwisata di area Magetan terlebih dahulu.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here