AWAL MUSIM PENGHUJAN, DI MAGETAN ADA DESA YANG KEBANJIRAN. INI DIA PENYEBABNYA

0
90
Ini Dia Faktor Penyebab Banjir di Tanjung Sepreh

Minggu, 1 November 2020 pukul 01.36 WIB kami mendapatkan informasi dari PMI kab. Magetan bahwa telah terjadi banjir di desa Tanjung Sepreh, Maospati. Hujan deras yang mengguyur Magetan pada Sabtu (31/10) mengakibatkan banjir di desa tersebut.

Banjir yang terjadi akibat saluran air tidak berfungsi dengan baik saat musim hujan. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya material sampah di dalam saluran air.

Di hari yang sama ketika PMI menerima laporan banjir di desa tersebut dari sosial media, langsung meluncur ke lokasi & melakukan giat penanganan mulai pukul 20.00 – 00.00 WIB.

Nah Sahabat, begitu sepelenya sampah yang kita buang begitu saja di pinggir jalan ataupun saluran air dampaknya sungguh besar. Tumpukan sampah di lingkungan sekitar itu seperti rintik hujan, meski kecil tapi banyak yang melakukan dan berkali-kali jumlahnya juga besar.

Kalau rintik hujan airnya bisa mengalir dan menjadi air yang banyak manfaat, maka sampah akan menghambat aliran dan resapanya hingga menjadikannya sumber bencana.

Seperti yang kita ketahui juga, banjir itu bisa merusak apapun yang dilaluinya, terlebih banjir dengan arus air yang deras.

Sudahkah kita sadar akan lingkungan kita? Jangan buang sampahmu, kumpulkan saja.

Ada banyak organisasi/komunitas relawan pengolah sampah non organik di kab. Magetan. Sahabat bisa menghubungi Relawan Nusantara Magetan bila tidak mempunyai akses ke organisasi/komunitas tersebut.

Ayo kita sama-sama mengurangi resiko bencana bersama dengan mengumpulkan sampah tak terurai, dan memanfaatkannya kembali.

Aku, kamu dan kita semua saling menjaga bumi tercinta.

Dokumentasi: PMI Kabupaten Magetan
Artikel : Relawan Nusantara Magetan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here