Sejarah Awal Relawan Nusantara Cabang Magetan

0
510

Relawan Nusantara Magetan merupakan sebuah komunitas kepemudaan yang berfokus pada aksi kebencanaan serta pengabdian sosial masyarakat dimana tujuannya untuk membangun negeri dan sebagai pejuang peradaban.

Relawan Nusantara Magetan merupakan cabang ke-43 dari Relawan Nusantara yang berpusat di Bandung yang bernaung di bawah atap Rumah Zakat dan juga menjadi bagian dari Kebaikan Indonesia.

Awal mula terbentuknya cabang relawan di Magetan ini bermula ketika salah satu anggotanya (sebelum terbentuk) mengikuti sebuah program dari Rumah Zakat yang pelaksananya adalah Relawan Nusantara Surabaya.

Program tersebut berjudul “RONA NUSANTARA” yang saat itu dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2017 di Desa Nampu, Kabupaten Jombang. Anggota tersebut bertemu dengan Bapak Herlan Wilandari sebagai Direktur Relawan Nusantara.

Seusai mengikuti program Rona Nusantara, anggota tersebut ditawarkan untuk membuka cabang relawan baru di Magetan. Akhir Agustus 2017 mulailah merekrut relawan secara offline dengan mengajak teman-teman terdekat. Namun hingga akhir tahun 2017 tidak ada pergerakan yang berarti karena target peserta yang didapat tidak memenuhi permintaan direktur.

Bulan Januari 2018 diselenggarakan open recruitment nasional, dibantu oleh seorang relawan kawakan dari Surabaya, untuk pertama kalinya anggota tersebut melakukan recruitment secara online.

Tahun pertama, tidak banyak yang mendaftar secara online, hanya ada sekitar 4 orang dan selebihnya adalah teman dekat anggota.

Orientasi relawan yang pertama sekaligus peresmian pembukaan cabang baru di Magetan dihadiri oleh Alrazi Izzatul Yasid sebagai perwakilan dari Relawan Nusantara dan Indra Permana Putra (Indra Yanagi) dari Surabaya sebagai pendamping.

Saat masa orientasi tersebut, dari sepuluh peserta orientasi yang terdaftar, hanya ada 3 orang yang menghadiri. Sedikit pesimis melakukan program-program yang sudah digambarkan oleh Relawan Nusantara kala itu.

Salah satu materi orientasi yang disampaikan terdiri dari latar belakang kenapa didirikan cabang relawan di Magetan. Alasannya karena Magetan sebagai daerah yang strategis untuk akses ke daerah rawan bencana. Bahkan, Magetan sendiri juga mempunyai potensi bencana.

Aksi pertama dilakukan sesaat setelah orientasi dengan berbagi makanan kepada anak-anak di sekitar tempat orientasi. Baru pada bulan berikutnya dilakukan orientasi kedua dan yang menghadiri saat itu 5 orang peserta.

Bulan berikutnya dilakukan aksi kembali, dengan 2 relawan yang ikut serta. Semakin hari Relawan Nusantara Magetan terus berproses, mulailah bertambah relawan yang ikut turun aksi. Setelah beberapa aksi yang mendapat perhatian dari anggota, Relawan Nusantara Magetan mulai percaya diri melakukan aksi-aksi lainnya. Memberikan bantuan pada korban kebakaran di Ponorogo. Kekeringan di Mojokerto dan Wonogiri.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang tergabung sehingga akhirnya dibentuk suatu struktur kepengurusan relawan yang berasal dari relawan-relawan yang sudah ada sejak awal.

Kini Relawan Nusantara Magetan semakin bertumbuh dan berkembang seiring meningkatnya minat belajar relawan untuk membangun bangsa. Beberapa projek jangka panjang sudah diinisiasi dan mulai dijalankan.

Program-program tersebut diharapkan teman-teman relawan bisa belajar dan mengajarkan kepada masyarakat luas. Masing-masing relawan diharapkan bisa menjadi seorang yang membawa perubahan pada tempatnya ia tinggal.

Doakan kami agar kami selalu istiqomah di jalan in.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here