Apresiasi Sebagai Pegiat Literasi Kepada Relawan Nusantara Magetan dalam Acara “Sarasehan Literasi”

0
608

Senin, (30/12) Sarasehan Literasi bersama kepala Perpusnas Republik Indonesia dalam rangka pembinaan perpustakaan daerah umum dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB di Pendopo Surya Graya.

Acara ini dihadiri oleh Bapak Prawoto selaku Bupati Magetan beserta jajarannya, Bapak kepala Perpusnas Republik Indonesia Muhammad Syarif, Dinas kearsipan dan Perpustakaan Magetan, perwakilan siswa siswi SD,SMP, dan SMA kabupaten Magetan, Relawan Nusantara Magetan, dan komunitas hujan buku.

Terdapat pula iringin karawitan yang dibawakan oleh grup karawitan “KALIMASADA” dari siswa-siswi SMPN 1 MAGETAN. Yang menunjukkan pelestarian budaya.

Adapun penampilan sebuah tari gambyong yang dibawakan oleh penari dari SMKN 2 MAGETAN. Gerakan tangan yang gemulai berpadu dengan paras wajahnya yang cantik begitu menunjukan jiwa tarinya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Magetan Bapak Gatot memberikan sambutan, dan menyampaikan mengenai renovasi perpustakaan Magetan. “Perpustakaan Magetan dibangun pada tahun 1992 dan direnovasi pada tahun 2019. Renovasi ini dilakukan untuk mengubah suasana di perpustakaan Magetan ini”, ujar beliau.

Penyerahan 600 kartu perpustakaan kepada kepala sekolah SMPN 4 MAGETAN, apresiasi kejuaraan, apresiasi penulis, apresiasi penggiat literasi juga dilaksanakan dalam acara ini juga.

Pengukuhan bunda literasi 2018 oleh Kepala Perpusnas Republik Indonesia kepada Ibu Titik Suprawoto disambut dengan meriah oleh Bapak Bupati Magetan.

Dalam sambutannya pak Bupati menyampaikan beberapa hal. Diantaranya, mengenai renovasi perpustakaan Magetan seperti yang sudah disampaikan pak Gatot. Dan menyampaikan gagasannya tentang rencana membuat wisata literasi.

Penyerahan kunci mobil keliling dari Perpus Nasional kepada perpus Magetan diterima pak Bupati dengan senang hati. Karena hal ini akan menambah fasilitas untuk perpustakaan Magetan.

Dalam rangkaian acara ini Bapak Syarif membahas diantaranya tentang peningkatan kualitas literasi di era revolusi 4.0 dan cara orang Jepang menghormati orang yang suka membaca. Menurut beliau literasi adalah kemampuan mengumpulkan ide dan kemampuan menciptakan barang atau jasa.

Dilanjutkan keliling ke perpustakaan Magetan yang sudah direnovasi sedemikian rupa. Di perpus Magetan sekarang disediakan banyak fasilitas, baik fasilitas tempat maupun buku. Buku yang ada di perpustakaan Magetan ini jumlahnya kurang lebih 72.000 judul buku. Yang selalu diperbarui setiap tahunnya.

Tunggu apa lagi.. mari kita tingkatkan minat baca kita agar memiliki wawasan yang luas. Manfaat dari literasi ini sangat banyak untuk kehidupan kita saat ini dan yang akan datang. Semangat membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here