Apa itu Voluntourism ?

0
231
Apa itu Voluntourism

Selamat pagi, sudah pernah mendengar kata ”Voluntourism”. Apa sih Voluntourism itu? tahukah sahabat mengenai tren wisata bernama voluntourism?

Kegiatan ini merupakan kegiatan perpaduan antara volunteer dan tourism, yang artinya selain berlibur para Wisatawan juga biasanya akan mengikuti kegiatan relawan di lokasi yang mereka kunjungi.

Mungkin pada saat ini konsep voluntourism belum begitu populer di kalangan para Wisatawan lokal, namun diprediksi konsep wisata seperti ini akan digandrungi oleh generasi muda Indonesia.

Mengutip GNFI yang bersumber dari Volunteerworld.com, ada beberapa tempat favorit di Indonesia yang menjadi destinasi Voluntourism.
Beberapa tempat favorite voluntourism di Indonesia

  1. Batu Kapal Conservation di Bukit Lawang, Sumatra Utara
  2. North Bali Reef Conservation di Amlapura, Bali
  3. Gili Shark Conservation di Gili Air, Nusa Tenggara Barat
  4. Involvement Volunteers IVI di Ubud, Bali
  5. Plan My Gap Year di Tabanan, Bali
  6. Bali Dyslexia Foundation di Buleleng, Bali

Di tempat-tempat diatas kegiatan volunteer nya selain menyenangkan juga menantang sahabat, mulai dari mengajar di sekolah, berinteraksi dengan satwa liar dan lainya.

Mungkin konsep sperti ini juga sudah banyak yang mengaplikasikan di Indonesia, dengan event-event ekspedisi atau pengabdian.

Kalau di Relawan Nusantara atau Rumah Zakat namnaya “Rona Nusantara”, tapi sayang sudah setahun belakangan tidak ada event nya.

Ngomong-ngomong ada gak sih yang teman-teman rekomendasikan tempat-tempat di Magetan untuk dijadikan lokasi Voluntourism?

Kalau ada tulis di kolom komentar ya Sahabat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here