Apa Itu Clickbait dan Cara Menghindarinya

0
120
Apa Itu Clickbait dan Cara Menghindarinya

Sahabat di era yang serba digital seperti saat ini tentu kita tidak asing lagi dengan internet dan gadget. Penyebaran informasi melalui keduanya begitu cepat, hanya dalam hitungan detik saja sudah mencapai ribuan orang yang menerima.

Berbeda sekali dengan jaman dahulu, di era 90 an ke bawah, yang saat itu alat komunikasi merupakan suatu hal yang mewah, bahkan berkirim suratpun harus berhari-hari untuk sampai, dan tentunya harus sabar menunggu.

Terlepas dari itu, kemajuan teknologi yang begitu pesat ini juga tak lepas dari dampak negatif disamping dampak positif yang ditawarkanya. Pada masa ini seiring mudahnya akses informasi tak jarang terjadi kesalahan informasi bahkan terjadi hoax.

Hal ini disebabkan karena kurangnya literasi di masyarakat tentang pemberitaan. Kebanyakan masyarakat hanya melirik judul tanpa melihat atau membaca isi secara penuh dari berita tersebut. Inilah yang akhirnya memicu kesalahan informasi bahkan terjadi hoax.


Pengertian Clickbait

Pengertian Click Bait

Banyaknya situs berita membuat para pemroduksi berita berlomba-lomba menaikan statistic kunjungan ke situsnya dengan “Umpan Klik” atau disebut dengan istilah “Clickbait”.

Clikbait adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi dengan bertgantung pada tajuk sensasional atau thumbnail (cuplikan) yang menarik mata guna mengundang klik tayang dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring.

Tajuk umpan klik (Clickbait) umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi “Kesenjangan keingintahuan” dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tapi tidak cukup rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik tautan yang menariknya. (Sumber : Wikipedia)

Dari pengertian yang dikutip dari Wikipedia diatas, bisa diartikan secara singkat clickbait adalah pembuat konten membuat judul yang unik untuk menarik pengunjung untuk membuka konten artikel, foto, video dan lainya, dan menyebarkanya. Yang bahaya dalah pengunjung yang menyebarkanya tanpa membaca secara penuh isi konten tersebut.

Terkadang teknik clickbait ini banyak nge-prank banyak orang, terlebih para pegiat di bidang yang menjadi topik informasinya. Banyak sekali kasus ter-prank informasi atau missinformasi akibat clickbait ini, kami yang bergelut di dunia kerelawanan dan kemanusiaan sering mengalaminya.


Cara Menghindari Clickbait

Cara Menghindari Click Bait

Untuk menghindari missinformasi karena clickbait, ada beberapa kiat untuk menghindarinya (missinformasi).

Yaitu :

  1. Dengan mencari referensi lain, bisa mencari melalui mesin pencari. Misalnya kecelakaan pesawat terbang, biasanya insiden semacam ini akan cepat terpublikasi di situs berita local maupun nasional.
  2. Berikutnya bertanya atau menghubungi relasi lain terkait tajuk beritanya.
  3. Membaca secara keseluruhan isi beritanya untuk memastikan keakuratan dari topik tersebut.
  4. Jangan terburu-buru untuk menyebarkan tautan yang mengandung clickbait.

Jika ada tambahan cara menhgindari missinformasi akibat clickbait silahkan pembaca yang budiman menuliskan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat untuk kita semua dan kita menjadi generasi yang peduli dengan literasi dan penyebaran informasi yang beredukasi. Yang tidak hanya sekedar memancing pengunjung tanpa peduli akurasi isi.

Terima Kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here