Antisipasi Banjir, Gotong Royong Membersihkan Sampah di Bendungan dan Jembatan Kali Ulo

0
306

Sabtu, (11/1) dilakukan kerja bakti masal oleh perangkat Desa Jajar, Kartoharjo, Magetan dengan mengundang BPBD kabupaten Magetan, beserta potensi Relawan lain di Magetan, termasuk juga Rumah Zakat Action.

Dalam giat kerja bakti ini difokuskan untuk mengangkat sampah yang menumpuk di Bendungan Kali Ulo, dan Jembatan Kali Ulo.

Rumah Zakat Action mendapat bagian di Jembatan Kali Ulo bersama relawan lainya di bantu warga. Jembatan ini memiliki 2 kolong dengan masing-masing berukuran kurang lebih tinggi 5 m dan lebar 3 m, dan jarak atap kolong sampai di jalan sekitar 3 m.

Di jembatan ini menumpuk sampah yang didominasi oleh batang kayu, ranting, sampah rumah tangga, plastik, dan bangkai binatang. Komposisi sampah tersebut telah menyumbat di depan kolong jembatan dengan dimensi 2 x (5×3) m.

Entah berapa ton sampah yang menumpuk disana, penanganan secara manual, hanya sanggup dilakukan oleh Relawan sedalam maksimal 1,5 m karena arus air yang deras dan debit air yang tinggi.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 pagi sampai 12.30 siang ini diharapkan bisa meng edukasi masyarakat sebagai pengurangan resiko banjir, agar banjir tahun lalu tidak terulang kembali, dan tentunya masyarakat luas, mari jaga lingkungan #dimulaidarikita, dan tidak membuang sampah B3 ke sungai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here