BAYAR KESULITAN DENGAN ISTIGHFAR

0
84
ilustrasi membaca istighfar

“Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih.”Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

Sahabat tentu kita tidak asing lagi dan bahkan seringkali mengucapkan istighfar saat kita merasa bersalah, kaget dan dalam rasa sesal karena berbuat kesalahan. Tidak hanya dengan berucap “Astaghfirullah hal’adzim” saja untuk beristighfar, tapi juga terdapat bacaan istighfar yang lebih utama dari bacaan istighfar lainya yatitu Sayyidul Istighfar.

Seperti apa bacaan Sayyidul Istighhfar ? simak di bawah ini.

Bacaan Sayyidul Istighfar :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,” (HR. Bukhari no. 6306).
referensi : https://tirto.id/doa-sayyidul-istighfar-bacaan-arti-dan-keutamaannya-gaiF

Permohonan Ampun

Istigfar adalah salah satu permohonan ampun seorang hamba kepada Rabbnya karena telah membuat kesalahan. Istigfar juga merupakan sebuah pengakuan bahwa kita sebagai seorang manusia sangat lemah dan tidak mempunyai daya apapun selain hanya karena pertolongan-Nya. Allah pun menganjurkan kita untuk senantiasa beristigfar, tidak melihat kapan dan di mana hamba-Nya memohonkan ampun, karena sejatinya manusia adalah tempat banyaknya salah dan khilaf, maka dari itu sudah seharusnya kita selalu mengucapkan kata istigfar kapan dan di mana saja kita berada sebagai bentuk kelemahan diri di hadapan-Nya.

“Maka bertasbihlah kamu (Muhammad) dengan memuji Tuhanmu dan memohon ampunlah kepada-Nya, sesungguhnya Dia-lah Zat yang Mahapengampun.” (QS an-Nashr : 3) Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam telah memberikan contoh kepada umatnya untuk beristigfar sebanyak 70 kali dalam sehari.

Istighfar Sebagai Bentuk Syukur

“Sesungguhnya, aku beristighfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya sebanyak tujuh puluh kali dalam sehari.” (HR Bukhari).Meskipun Rasul sudah terbebas dari salah dan dosa (ma’sum), tetapi beliau tetap meminta ampunan Allah dan sebagai bentuk rasa syukur beliau kepada-Nya.

“Ya Allah, ampunilah bagiku dosa-dosaku yang telah lalu dan akan datang, yang tersembunyi dan tampak, dan apa yang Engkau lebih ketahui dariku. Engkau-lah Zat yang Mahapendahulu dan Zat yang Mahapengakhir. Dan, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR Bukhari).

Banyak sekali manfaat istigfar yang dapat kita rasakan, salah satunya adalah bisa membuka pertolongan Allah dan bisa melepaskan kesempitan atas kesulitan yang sedang kita rasakan, bahkan bisa mendapatkan rezeki dengan cara yang tidak terduga.

Mengundang Rezeki

Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah Subhana wa ta’ala melegakan tiap-tiap kegundahan mereka, melepaskan tiap-tiap kesempitan mereka dan memberikan rezeki secara tak terduga,” (HR. Abu Daud).Semoga kita semua senantiasa selalu istiqamah dalam beristigfar, memohon ampunan serta rahmat dan ridha-Nya. Terlebih saat ini adalah Bulan Ramadhan, Allah membuka pintu ampunan seluas-luasnya kepada umat-Nya.

Sumber : ilustrasi membaca istighfarhttps://www.rumahzakat.org/id/istigfar-pelepas-kesulitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here